Kamis, 02 Oktober 2014

MOTIVASI BELAJAR

Untuk penulisan kali ini saya akan membahas tentang motivasi belajar. Motivasi belajar sangat kita butuhkan agar sukses dalam pendidikan. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan, nah setiap orang pula membutuhkan motivasi untuk mencapai kebutuhan itu.

Berikut beberapa motivasi untuk seorang siswa/i dalam belajar :
    
            1.   Memberi angka
Angka dalam hal ini sebagai simbol dari nilai kegiatan belajarnya. banyak siswa/i yang menginginkan nilai terbaik, karna mendapatkan nilai yang terbaik adalah suatu kebanggaan bagi para siswa/i.

2.      Hadiah
Hadiah disini bisa diartikan sebagai hiburan kepada siswa. karena setiap siswa membutuhkan hiburan setelah belajar keras.

3.      Kompetisi
Kompetisi atau persaingan disini contohnya rangking kelas. Setiap siswa selalu ingin dikenal dengan prestasinya dalam akademik maupun non-akademik.

4.       Memberi Ulangan
Para siswa akan giat belajar kalau mengetahui akan diadakan ulangan. Para siswa akan berusaha mendapatkan nilai terbaik.

5.      Mengetahui Hasil
Para siswa akan termotivasi jika mengetahui hasilnya mengalami kemajuan. Dan berusaha untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkannya lagi.

6.      Pujian
Setiap siswa berhak mendapatkan pujian jika telah menyelesaikan kewajibannya dengan baik. Berikan pujian untuk makin membangun prestasinya.

7.      Hukuman
Berikan hukuman dengan tepat dan bijaksana agar dapat membangun motivasinya bukan menjatuhkannya. Karena memberikan hukuman dengan tepat dapat membangun motivasinya untuk makin berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar