Jumat, 07 Februari 2014

DPG T2 Kel.14 Smoke Modelling (54411750)

BAB3

PERANGKAT LUNAK YANG DIGUNAKAN DALAM KONSEP SMOKE MODELLING

0.1
       SejarahBlender

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan Neo Geo. Neo Geo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

Sayangnya ambisi NaN tidaks esuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasinon profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.

0.2 Pengertian Blender beserta Kegunaannya

Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat digunakan diberbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis dibawah GPL (GNU General Public License).

Untuk spesifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana

• Intel pentium III ataulebih/ AMD dsbg

• Ram 64Mb

• VGA 4Mb

• Disk Space 35Mb

• Windows 2000 dan lebih,Linux.

Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.

Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:

• Microsoft Windows

• Mac OS X

• Linux

• IRIX

• Solaris

• NetBSD

• FreeBSD

• OpenBSD.

Perangkat lunak ini berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.

0.3 Fitur – Fitur Blender

Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya. Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.

Fitur termasuk:

• Model: Obyek 3D tipe, termasukjeratpoligon, permukaan NURBS, Bezier dankurva B-spline; multiresolusipatungkemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting

• Rigging: Skeleton kodeciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang

• Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi

• Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blorgerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render danmelewati; Render baking kepeta UV, Efek termasuk halo, suarlensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal

• UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; fall off proporsional mengedit peta UV

• Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi • Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut

• Imaging dan Komposisi: multilayer Open EXR dukungan; filter node komposit, konverter, warnadan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits

• Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio

• Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .

• Kualitas tingg iarsitektur 3D yang memungkinkan penciptaan cepat dan efisiensi .

• Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia

• Di ekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah

0.4 Kelebihan Blender

Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :

• Open Source Blender merupakan salahsatu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.

• Multi Platform Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.

• Update Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada updateannya. Updatean tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org

• Free Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalammengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak . Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL

• Lengkap Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lhoya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.

• Ringan Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.

• Komunitas Terbuka Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute

0.5 Tutorial Membuat Contoh Smoke Modelling Menggunakan Blender

1. Double klik icon dari Blender

2. Muncul layar utama blender seperti ini



3. lalu ubah objek kubus yang terdapat di layar itu sesuai keinginan anda. Dengan menggunakan shortcut “S”. tekan huruf S tersebut sampai membentuk ukuran kubus sesuai keinginan.



4. Setelah itu ubah tampilan kubus tersebut menjadi mode wireframe. Atau dapat menggunakan shortcut huruf “Z”. Maka akan tampak seperti ini

5. Lalu tambahkan bentuk sebuah piringan yang berbentuk persegi. Dengan cara pilih menu add -> mesh -> Plane



6. Lalu letakkan plane tersebut di dalam kubus yang sudah transparan tadi.



7. Lalu select kubus tersebut dan arahkan kursor ke menu yang berada di sebelah kanan layar. Dan ikuti langkah - langkah sesuai gambar dibawah:



8. Lalu kita select plane ( persegi ) yang berada di dalam kubus tadi, arahkan kursor ke menu yang di sebelah kanan





9 . Masih dengan objek Plane tadi. Arahkan kursor ke option particle. Seperti gambar dibawah ini prosesnya. Lalu arahkan kursor ke simbol ( + ) pada gambar di bawah maka akan muncul rentetan pilihan mode – mode. Sepeti gambar dibawah



Pilih bagian render pada mode – mode yang tersedia. Lalu Pilih Option None pada Menu Render.



10. Lalu kembali ke menu physic yang terdapat di sebelah menu particles tadi. Dan ikuti seperti gambar dibawah ini. kolom flow source nya pilih Particle System begitu pula di kolom Particle Systemnya juga sama.



11. Langkah selanjutnya adalah select kembali kubusnya lalu arahkan kursor ke deretan menu yang disebelah kanan , yakni menu material.







12. Masih sama select kubus tadi, lalu pilih menu texture, lalu akan muncul tampilan dari menu texture itu. Kemudian langkah – langkahnya pada menu texture adalah :

a. Arahkan kursor ke bagian type yang awalnya terdapat kata None. Lalu pilihlah Voxel Data.

b. Ganti Domain Objectnya yang awalnya bertuliskan Camera, ubah menjadi Cube

c. Lalu pada bagian influence klik atau ceklis pada pilihan Densitynya.









13.Kemudian select kembali Planenya dan tekan tombol shotcut Alt + a untuk melihat hasilnya seperti tampak gambar dibawah ini :



1 komentar: