Rabu, 24 April 2013

MEDIA SOSIAL


INSTAGRAM                                                                 

Instagram adalah sebuah applikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.Applikasi instagram ini dapat dijalankan pada handphone atau gadget yang menggunakan sistem iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan Android 2.2 atau yang terbaru.


Sejarah.
Nama instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegram sendiri adalah untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram berasal dari instan-telegram.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.


Konsep.
Berdiri pada tahun 2010 perusahaan Burbn, Inc., merupakan sebuah teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 mobile, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan juga Mike Krieger, memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan di dalam iPhone, yang dimana isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.

Teknologi.
Instagram merupakan salah satu media sosial untuk berbagi foto. Walaupun hanya untuk berbagi foto, tetapi kita bisa tau tempat-tempat yang bagus untuk dijadikan tempat liburan jika salah satu pengikut(followers) kita mengunggah di instagram. Instagram lebih efektif sebagai tempat untuk berjualan. Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat dalam instagram :


1.     Pengikut(Followers). Pada fitur ini kita bisa saling terhubung dengan pengguna instagram lainnya.
2.     Mengunggah Foto. Pada fitur ini merupakan fungsi utama dalam instagram untuk berbagi foto kepada pengguna yang lain.
3.     Kamera. Fitur ini berfungsi untuk mengambil gambar yang bisa disimpan dalam memory, juga bisa langsung di edit menggunakan efek-efek yang disediakan dalam instagram.
4.     Efek Foto. Pada fitur ini instagram menyediakan 16 efek foto yang bisa langsung digunakan oleh pengguna instagram.
5.     Judul Foto. Dalam fitur ini kita bisa memberikan judul foto yang kita ambil untuk diunggah ke jejaring sosial lainnya.
6.     Arroba(@). Seperti twitter dan facebook, Instagram juga memiliki fitur yang dapat menyinggung pengguna lainnya untuk saling memberikan komentar atau ngelike foto yang diunggah.
7.     Label Foto. Fitur ini berfungsi untuk memberikan label pada foto yang diunggah agar mempermudah kita dalam mencari foto tersebut.
8.     Geotagging. Fitur ini akan muncul ketika pengguna iDevice mengaktifkan GPS, maka iDevice akan mendeteksi lokasi dimana pengguna instagram berada.
9.     Jejaring Sosial. Dalam membagi foto tidak hanya didalam instagram saja, namun kita bisa membagi melalui jejaring sosial lainnya seperti twitter,facebook,foursquare,tumblr,fickr , dan posterous.
10. Tanda Suka(Like). Fitur ini berfungsi sama seperti facebook untuk memberikan tanda bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang diunggah oleh pengguna yang lainnya.
11. Popular. Jika foto masuk kedalam halaman popular, dimana halaman tersebut menjadi tempat kumpulan-kumpulan foto popular di seluruh dunia pada saat itu.



Keamanan.
Seorang peneliti keamanan internet berkebangsaan Spanyol baru saja menemukan sebuah celah di instagram yang ia sebut sebagai “Friendship Vulnerability”. Melalui kelemahan tersebut, setiap orang dapat menambahkan diri mereka dalam daftar teman seorang pengguna. Dengan begitu, maka orang tersebut akan mampu untuk melihat semua gambar yang telah diatur sebagai privasi beserta informasi profil pengguna.


Pemanfaatan dan Pengembangan.

Dalam segi pemanfaatan instagram bisa dijadikan tempat untuk berbisnis dan berbagi informasi. Untuk bisnis, sudah banyak pengusaha online shop menggunakan instagram untuk mempromosikan produk dagangannya dengan fasilitas yang disediakan instagram. Untuk berbagi informasi disini mungkin lebih kearah tempat liburan yang mungkin belom pernah kita ketahui.

Dalam segi pengembangan, yang awalnya instagram hanya bisa dijalankan pada iOS 3.1.2 atau yang terbaru saja, namun untuk kali ini instagram bisa dijalankan pada Android 2.2 atau yang terbaru. Bahkan dari informasi yang saya baca diinternet bahwa instagram direncanakan akan hadir di smartphone windows8 dan Blackberry.

SUMBER :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar