Kamis, 30 Oktober 2014

ASPEK PEMASARAN

PT. Sinar Sosro

PT. Sinar Sosro pada awalnya memperkenalkan minuman siap saji dalam kemasan botol, Sosro memiliki target pasar yang jelas, dengan target orang yang sedang melakukan perjalanan. Sosro memandang bahwa ketika orang sedang melakukan perjalanan dan ia kehausan pasti membutuhkan sebuah penghilang dahaga yang praktis dan mudah di dapat, berangkat dari pengalaman ketika melakukan promo, tempat yang praktis dan aman untuk digunakan sebagai wadah teh adalah botol.

SEGMENTASI PRODUK.

Selain Teh Botol Sosro, disediakan pula S-Tee, Fruit Tea, Joy Tea Green, dan TEBS untuk memenuhi segmen pasar yang berbeda-beda.
Sedangkan produk non teh adalah air mineral Prim-A, Happy Jus, dan Country Choice.
Mereka ingin menarik semua lapisan masyarakat dan semua kalangan masyarakat untuk menjadi costumer dari teh botol. Mulai dari kalangan bawah, Teh Botol Sosro juga sangat diminati sampai ke kalangan eksekutif di Indonesia.

ANALISIS PASAR.

Sosro telah berhasil mengembangkan merek Teh Botol Sosro menjadi merek dengan brand equity yang kuat. Beberapa hal yang dapat dicermati dalam pembentukan brand equity ini adalah :
·        Brand Awareness yang dimiliki The Botol Sosro dapat dikatakan telah memasuki tingkatan top of mind. Hal ini dapat dilihat dari The Botol Sosro dapat menjadi pemimpin pasar dalam kategori teh siap minum dalam kemasan botol.
·             Perceived Quality dari The Botol Sosro telah terbukti selama puluhan tahun. PT. Sinar Sosro telah berhasil menjaga kualitas produk ini sehingga mendapat anggapan baik dari konsumen.
·         Brand Association dari The Botol Sosro kuat, dapat dilihat bahwa ketika orang menyebut teh botol kemudian yang menjadi maksud dari the botol itu sendiri adalah The Botol Sosro.
·         Brand Loyalty dariTehBotolSosrojugakuat. Ini merupakan hasil dari pengembangan saluran distribusi, menjaga kualitas, dan strategi promosi yang dilakukan dengan jargon “apa pun makanannya minumannya the botol sosro”.



ANALISIS PESAING.

Frestea merupakan produk dari Coca-Cola Bottling Indonesia yang merupakan salah satu produsen dan distributor minuman ringan terkemuka di Indonesia. CCBI memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berlisensi dari The Coca-Cola Company.
produk inovatif minuman siap saji (RTD) yang secara khusus dirancang untuk memuaskan seluruh panca indera konsumen Indonesia. Merek ini dikembangkan secara lokal dan merupakan bagian dari Beverage Partners Worldwide (BWP), yaitu perusahaan patungan hasil kemitraan yang sukses antara The Coca-Cola Company dan Nestle, SA.
 Frestea dikembangkan untuk menangkap pengalaman dalam menikmati teh tubruk, dengan rasa, aroma, dan warna menjadi faktor terpenting dimana konsumen bisa membedakan kualitas sebuah produk. Cita rasa tehnya yang sangat khas dan inovatif tercipta melalui sajian aroma melati yang menyenangkan dan rasa teh yang unggul. Botolnya yang unik menonjolkan kualitas rasa teh asli, dengan tekstur emboss dua elemen daun yang saling bersilang. Frestea diproduksi dengan menggunakan standar kualitas tinggi The Coca-Cola Company, menggunakan teknologi tinggi dan didukung oleh proses produksi higienis. Frestea memilki kualitas yang sama. Untuk tahap awal, peluncuran produk ini difokuskan di Jakarta dan Jawa Barat yang merupakan pasar mayoritas dari konsumsi produk teh siap minum.

STRATEGI PROMOSI.

Kesuksesesan sosro dalam merebut hati konsumen Indonesia sesungguhnya dilihat dari aspek pemasaran cukup unik. Sosro,dalam beberapa hal, telah mengabaikan hukum-hukum umum yang terdapat di ilmu pemasaran. Misalnya saja mengenai perlunya riset pasar sebelum meluncurkan produk. Konon kabarnya sebelum sosro hadir, ada sebuah perusahaan asing yang ingin mengeluarkan produk teh dalam botol sepert i yang dilakukan sosro saat ini. Kala itu sang perusahaan menyewa jasa sebuah biro riset pemasaran untuk menguji kelayakan dan prospek produk tersebut di Indonesia. Setelah meneliti dan mengamati kebiasaan minum teh di masyarakat sang biro pun menyimpulkan bahwa produk ini tidak memiliki prospek bagus untuk dipasarkan di Indonesia. Biro itu beralasan bahwa budaya minum teh pada bangsa Indonesia umumnya dilakukan pagi hari dalam cangkir dan disajikan hangat sehingga kehadiran teh dalam kemasan botol justru akan dianggap sebuah keanehan.
Dari awal produk ini ditargetkan untuk konsumen yang sering melakukan perjalanan seperti supir dan pejalan kaki sosro . Sosro menyadari bahwa segmen konsumen ini memiliki keinginan hadirnya minuman yang dapat menghilangkan dahaga di tengah kelelahan dan kondisi panas selama perjalanan. Atribut kepuasan ini dicoba untuk dipenuhi dengan menghadirkan minuman the dalam kemasan botol yang praktis dan tersedia di kios-kios sepanjang jalan. Untuk menambah nilai kepuasan the botol ini disajikan dingin dengan menyediakan boks – boks es pada titik – titik penjualannya (penggunaan kulkas pada saat itu belum lazim).
kini banyak iklan – iklan sosro yang terlihat di berbagai stasiun televisi, internet, majalah, suratkabar, radio, dan berbagai acara-acara besar maupun kecil.

sumber :  
http://id.wikipedia.org/wiki/Sinar_Sosro
http://blog.ub.ac.id/vickyostory/2013/01/04/analisis-persaingan-pt-sinar-sosro/
http://widi-klan-agribisnis3.blogspot.com/2014/02/strategi-pemasaran-pt-sinar-sosro.html
http://c-mind.blogspot.com/2013/10/stp-teh-botol-sosro.html
              



KIAT MENGATASI KEJENUHAN DI SITUASI YANG TIDAK DI INGINKAN.

Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang cara mengatasi kejenuhan disaat yang tidak di inginkan. Pastinya kita semua pernah merasakan rasa jenuh dalam hidup kita. Situasi yang biasanya membuat saya jenuh ketika sedang mendengarkan dosen memberikan materi. Selain itu ketika sedang belajar untuk ujian. Ketika rasa jenuh sudah mulai datang, beberapa kegiatan yang mungkin saya lakukan untuk menghilangkan kejenuhan tersebut.
1
            Mendengarkan musik.
Mendengarkan musik favorit bisa merefresh otak atau menghilangkan rasa jenuh yang kita alami.

2.      Main game.
Bermain game juga dapat menghilangkan jenuh, tetapi jangan bermain terlalu lama karena bias membuat kita jadi malas.

3.       Merokok.
Mungkin kegiatan yang satu ini memang tidak bagus, tetapi bagi saya merokok juga bisa menghilangkan rasa jenuh.

4.      Bermain gitar.
Menyanyikan lagu yang kita sukapun bisa membuat otak kita fresh.

5.      Nonton movie.
Nonton pilm juga bisa mengembalikan mood kita, bahkan kita juga bisa menemukan inspirasi kegiatan yang bisa kita lakukan yang bermanfaat.

6.      Jalan – jalan.
Menurut saya kegiatan yang satu ini harus kita lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh pada diri kita, dengan melihat suasana yang baru.

7.      Gym.
Untuk kegiatan yang satu ini selain bisa menghilangkan rasa jenuh, juga bisa membuat diri kita lebih sehat.


Kamis, 02 Oktober 2014

MOTIVASI BELAJAR

Untuk penulisan kali ini saya akan membahas tentang motivasi belajar. Motivasi belajar sangat kita butuhkan agar sukses dalam pendidikan. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan, nah setiap orang pula membutuhkan motivasi untuk mencapai kebutuhan itu.

Berikut beberapa motivasi untuk seorang siswa/i dalam belajar :
    
            1.   Memberi angka
Angka dalam hal ini sebagai simbol dari nilai kegiatan belajarnya. banyak siswa/i yang menginginkan nilai terbaik, karna mendapatkan nilai yang terbaik adalah suatu kebanggaan bagi para siswa/i.

2.      Hadiah
Hadiah disini bisa diartikan sebagai hiburan kepada siswa. karena setiap siswa membutuhkan hiburan setelah belajar keras.

3.      Kompetisi
Kompetisi atau persaingan disini contohnya rangking kelas. Setiap siswa selalu ingin dikenal dengan prestasinya dalam akademik maupun non-akademik.

4.       Memberi Ulangan
Para siswa akan giat belajar kalau mengetahui akan diadakan ulangan. Para siswa akan berusaha mendapatkan nilai terbaik.

5.      Mengetahui Hasil
Para siswa akan termotivasi jika mengetahui hasilnya mengalami kemajuan. Dan berusaha untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkannya lagi.

6.      Pujian
Setiap siswa berhak mendapatkan pujian jika telah menyelesaikan kewajibannya dengan baik. Berikan pujian untuk makin membangun prestasinya.

7.      Hukuman
Berikan hukuman dengan tepat dan bijaksana agar dapat membangun motivasinya bukan menjatuhkannya. Karena memberikan hukuman dengan tepat dapat membangun motivasinya untuk makin berprestasi.

Rabu, 01 Oktober 2014

PERUSAHAAN BERGERAK DIBIDANG TIK

PT.GAMATECHNO INDONESIA.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia solusi teknologi informasi, PT Gamatechno Indonesia (Gamatechno) resmi berdiri pada tanggal 4 Januari 2005 dan berkantor pusat di Yogyakarta. Guna meningkatkan layanan kepada lebih dari 240 klien di seluruh Indonesia yang tersebar dari Banda Aceh hingga Papua, pada tahun 2013 Gamatechno membuka kantor cabang di Jakarta.
Seiring dengan perkembangan perusahaan, saat ini Gamatechno memiliki fokus pada pengembangan produk dan solusi teknologi informasi untuk segmen perguruan tinggi, lembaga pemerintah, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik, serta industri lifestyle. Layanan yang berfokus pada 4 segmen utama tersebut selanjutnya didefinisikan sebagai gtSmartCity Solution, yaitu solusi berbasis sistem dan teknologi informasi guna mewujudkan sebuah kota cerdas dengan ciri less paper, less time, less cash dan less complexity untuk meningkatkan tatanan hidup masyarakat.
Untuk segmen perguruan tinggi, produk unggulan Gamatechno adalah gtCampus Suite yaitu sistem informasi terintegrasi untuk perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai software modular yang dirancang sesuai dengan proses bisnis perguruan tinggi mulai dari pengelolaan penerimaan calon mahasiswa, pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus, pengelolaan aset kampus yang meliputi aset sumber daya manusia, keuangan dan aset barang, perpustakaan, penelitian dan beasiswa hingga dashboard system untuk pimpinan kampus.
Untuk segmen lembaga pemerintah, Gamatechno memiliki beberapa produk unggulan, diantaranya adalah gtPerizinan (sistem pengelolaan pelayanan perizinan terpadu), gtAspirasi (sistem pengelolaan aspirasi masyarakat), serta aplikasi gtGroupware (sistem kolaborasi dan arsip perkantoran). Selain produk-produk tersebut, Gamatechno juga melayani pengembangan portal website lembaga dengan konsep citizen centric, serta pengembangan berbagai aplikasi berbasis web lainnya sesuai dengan kebutuhan lembaga.
Untuk segmen transportasi dan logistik, Gamatechno mengembangkan beberapa produk unggulan bagi perusahaan atau organisasi yang bergerak dibidang layanan transportasi dan logistik, yaitu gtFleets (sistem informasi pengelolaan armada), gtSmartTicket System (sistem tiket elektronik berbasis smartcard), serta aplikasi mTransport (aplikasi mobile untuk informasi dan layanan transportasi publik).
Pada segmen lifestyle, Gamatechno mengembangkan produk-produk aplikasi back-end dan front-end untuk beberapa sub industri diantaranya taman hiburan dan wisata, pusat belanja dan entertainment, microfinance, dan industri kesehatan. Beberapa portofolio produk untuk segmen lifestyle ini antara lain eoviz.com (small & medium enterprises resource planning system on cloud), mEvent (aplikasi mobile informasi event), serta mCatalog (aplikasi mobile informasi katalog produk).
Selain pengembangan produk aplikasi berbasis web, mobile, smartcard dan beberapa teknologi terkini lainnya yang dikemas dalam gtSmartCity Solution, Gamatechno juga menyediakan jasa konsultasi IT, audit IT, training IT, serta layanan maintenance sistem dan agregasi konten digital.
Sebagai perusahaan yang berbasis perguruan tinggi, Gamatechno memiliki keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki perusahaan lain, yaitu sumber daya dan aset riset yang dimiliki Universitas Gadjah Mada sebagai dasar pengembangan dan inovasi produk serta layanan Gamatechno agar tercipta solusi yang tepat guna bagi masyarakat. Dan untuk melengkapi layanan total kepada pelanggan dan mitra, saat ini Gamatechno telah memiliki anak perusahaan yaitu PT Aino Indonesia yang bergerak dibidang teknologi smartcard, RFId, dan Mobile NFC.

VISI & MISI .
Visi : 
Menjadi perusahaan penyedia TI terbaik di Indonesia

Misi :
Dalam rangka pencapaian visi dan tujuan perusahaan, maka Gamatechno menjabarkan misi-misi perusahaan sebagai berikut :
1.                  Mengakomodasi sumber daya, potensi, dan kebutuhan UGM
2.                  Mengembangkan solusi TIK yang berkesinambungan
3.                  Membangun jejaring kerjasama untuk menumbuhkan industri digital di Indonesia
4.                  Memberikan benefit dan value bagi mitra, pelanggan, dan seluruh stakeholder

Modal awal : 5 juta
Pendapatan : rata-rata 70 - 80 juta /bulan

Sumber            : http://www.gamatechno.com/about/company-profile
                          http://artikeldanopini.blogspot.com/2011_03_01_archive.html